Ini Juga Menarik Buat Kamu :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Umroh Murah 2015 Bagaimana? Persiapannya? Caranya?

Umroh Murah Menuju Baitullah

Bagi umat muslim siapa yang tidak mau untuk melakukan ibadah umroh? Apalagi umroh muah 2015 dengan harga murah. Setelah sempat beberapa waktu lalu saya membahas apa itu umroh backpacker. Pada kesempatan kali ini saya akan mengsharekan beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan bagi teman-teman yang baru pertama kali umroh.

Tulisan ini saya ambil dari grup umroh backpacker ayo ke mekah yang ditulis beberapa kawan-kawan disana yang telah melaksanakan umroh. Saya cuma membantu mengsharekan disini untuk teman-teman yang sama sekali buta pengetahuan mengenai umroh bisa menyimak hal itu disini. Jadi teman teman yang ingin umroh murah 2015, silakan gabung grupnya dan pelajari hal-hal yang akan dilakukan untuk umroh berikut ini :

Tanya Jawab Mengenai Umroh

PERTANYAAN UMUM

TIKET & PASPOR
1. Kapan mulai cari tiket?
Harga tiket terbaik munculnya sangat relatif per maskapai, secara umum memang jauh hari biisa lebih murah. Maskapai tertentu malah berselang seling dalam waktu tertentu naik turunnya harga. Pastikan Anda punya koneksi internet yang memadai untuk berburu tiket  (Arie Wibowo)

2. Apa saya yang harus dipertimbangkan saat mencari tiket?
- Harga dan fitur. Fitur maksudnya apakah dapat meal, bagasi, refund, reschedule, tax dll... (Ari Wibowo)
- Pertimbangkan pula tanggal keberangkatan. Apakah pada tanggal tersebut masih musim umroh. Jangan sampai membeli tiket saat visa umroh tidak lagi keluar. Sekedar info, visa umroh itu mulai dibuka Bulan Safar hingga Ramadhan (Mbak Butet)

3. Tiket ini mahal atau murah?
Mahal atau murah relatif, fokus saja pada “yang penting masih bisa terbeli”. Ada harga murah tetapi sedang tidak punya uang juga akan terasa mahal, betul? Apalagi dana yang akan dikeluarkan untuk ibadah, tiket tinggi = sedekah ekstrim. (Arie Wibowo)

4. Tikenya bisa direfund nggak?
Relatif dari kebijakan maskapai, bacalah FAQ atau telpon ke call center maskapai sebelum membeli. Secara umum harga yang lebih tinggi mempunyai fitur yang lebih banyak termasuk bisa refund atau merubah jadwal.

5. Apa bisa ganti nama?
Relatif dari kebijakan maskapai, bacalah FAQ atau telpon ke call center maskapai sebelum membeli.

6. Kalau rechedule tiket apa bisa?
Relatif kebijakan maskapai, bacalah FAQ (biasanya malas baca :v) atau telpon ke call center maskapai sebelum membeli. (Arie Wibowo)

7. Kalau belum punya paspor apa bisa beli tiket?
- Secara umum untuk penerbangan internasional, nama ditiket harus SAMA PERSIS dengan nama di paspor, yang dikhawatirkan jika beli tiket sebelum punya paspor adalah, ketika paspor selesai nama berbeda dengan di tiket. (Arie Wibowo)
- Saya beli tiket sebelum endorse nama, langsung memasukkan nama ayah kandung di tiket yang saya beli. (Afiatul Layalli)

8. Kalau baru 2 kata apa yang dilakukan? 
Silaturahim ke imigrasi dan ajukan penambahan nama. Hmmm...bawa sajen gak ya? (Arie Wibowo)

9. Apa syarat endorsment?
Syarat endorsment, membawa dokumen KTP, KK, Akte kelahiran, Ijazah, Buku Nikah (yang udah nikah). Inti dari dokumen itu menunjukkan bahwa benar si Fulan anaknya Bapak A sesuai yang tercantum di akte kelahiran dll dsb. *padahal bawa satu aja udah cukup kali ya. Biayanya GRATIS*kalau urus sendiri. (Afiatul Layalli)

10. Kalau di tiket baru 2 nama sementara di paspor sudah tertulis 3 kata, apa yang dilakukan?
- InsyaAllah tidak apa apa, nama di tiket harus sesuai nama asli di paspor, tidak harus dengan nama tambahan. (Arie Wibowo)
-  Pertama kali yang dilakukan adalah istighfar 100x ...kok bisa  2. Berdoa agar urusannya dimudahkan. 3. Telpon maskapai yang bersangkutan karena setiap maskapai punya kebijakan yang berbeda-beda. 4. Datangi kantor perwakilan maskapai di kota anda ini lebih praktis dan responnya cepat. (Afiatul Layalli)
- Baiknya langsung menghubungi pihak maskapai. Karena tiap maskapai beda-beda aturannya. Pernah kejadian, hanya karena harusnya nama di paspor yang tertera adalah TITIEK sementara di tiket namanya TITEK, kurang huruf "I" dan itu baru ketahuan saat check in,  kenanya $300, euy! Bila sudah confirm tidak masalah, berarti aman.  (Mbak Butet)
11. Apa bisa membayar tiket dengan CC?
Tentu bisa, bahkan sebagian besar pembelian tiket maskapai internasional menggunakan CC untuk pembayarannya. Beberapa maskapai juga menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu debit. Anda dapat mengecek pada website maskapai yang digunakan. (Arie Wibowo)

11. Bagaimana urusan makan di sana?
InsyaAllah baik baik saja :-) sangat banyak tersedia kedai penjual makanan berat-ringan dan minuman. Anda seorang yang suka pilah pilih makanan? Jika ya, disarankan untuk mulai sering ber do'a agar suka dengan berbagai jenis makanan (halal tentunya) dan melatih diri untuk menikmatinya (Arie Wibowo)

12. Apa ada restoran Indonesia?
Ada, meski tidak banyak. Seorang pernah berkata, "ngapain juga jauh jauh ke Arab Saudi lalu nyari makanan Indonesia?" tentu tidak salah, tapiiii sekali sekali biarkan perut Anda kaya dengan pengalaman kuliner :D (Arie Wibowo)

13. Berapa harga rata-rata makan di sana?
harga rata2 makanan berat seperti nasi briyani + ayam range 12-15 SAR per porsi. kalau roti croissant 5-10SAR/each. jadi kalau makannya sedikit cukup 2 porsi per hari tapi kalau yang lahab ya 3 porsi. (Sherly)

Harga untuk makanan Indonesia karena porsinya juga lebih imut sekitar 5-15 SAR tergantung pakai lauk apa saja. Untuk makanan Turkey lebih murah kisaran 12-18 SAR dari mulai ikan sampai daging, porsinya jumbo. Kalau ayam setengah body, bisa dimakan untuk 2 orang makanya lebih murah. Roti croissant ada yg 1 SAR saja, Ice cream 2 scop 5 SAR, kebab 5-10 SAR (Afiatul Layalli)

SUNTIK MENINGITIS
1. Kalau umroh bawa anak batita, apa kendalanya?
Kendalanya pada saat kita tawaf dan sai banyak orang/padat bisa saja anak menjadi rewel dan minta digendong, kalau kuat tidak masalah. Pada saat sholat berjamaah banyak yang suka menangis ibunya jadi kurang konsentrasi. (Afiatul Layalli)

2. Kalau jadwal berangkat umroh berbarengan dengan jadwal haid, apa solusinya?
Ada obat penunda haid kaya Primolut, tapi sepertinya tidak dijual bebas di apotik, harus ada resep dokter dan cara minumnya jg ada aturannya tersendiri.

3. Apa suntuk meningitis itu wajib?
Suntik meningitis wajib, mengingat di daerah arab merupakan endemis terjadinya meningitis (radang selaput otak). Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati dan suntiknya maksimal 2-3 minggu sblm keberangkatan, soalnya kekebalan baru terbentuk setelah 14 hari. Untuk biayanya 305.000 (rincian Biaya Penerbitan International Certificate of Vacination (ICV) 25.000, Biaya Pendaftaran pasien 5.000, Biaya Pemeriksaan dan Pengobatan 15.000, Biaya Meningitis 260.000) itu merupakan harga resmi/PNBP yang disetorkan ke negara. Suntiknya bisa di semua Kantor Kesehatan Pelabuhan yang ada di Indonesia, di rumah sakit bisa tapi tidak bisa mengeluarkan ICVnya, yang bisa mengeluarkan ICV hanya Kantor Kesehatan Pelabuhan.

4. Bila tidak suntik meningitis, apakah tetap bisa berangkat?
Sebenernya syarat untuk pembuatan Visa itu hrs ada ICV sebagai bukti sudah di vaksin, jadi nalarnya klo gak ada ICV visa gak keluar.. tapi sekarang banyak agen yg memalsukan buku ICV, jadi dari pada pake ICV palsu dan gak suntik meningitis, mendingan suntik aja kan gak ada ruginya juga untuk pencegahan.

5. Apa vaksinnya halal?
Untuk saat ini vaksin resmi dari Kemenkes yang ada di Kantor Kesehatan Pelabuhan sudah ada label Halal dari MUI, namanya MENVEO produk dari Novartis. Klo vaksin yang ada di rumah sakit kurang tau halal atau tidak, soalnya vaksin MENVEO hanya di drop ke Kantor Kesehatan Pelabuhan dan untuk Haji.

LAIN-LAIN
1. Berapa baju yang harus dibawa?
Relatif gaya hidup Anda :P , Suhu udara di Tanah Suci menyebabkan pakaian cepat kering jika basah oleh keringat dan InsyaAllah tidak berbau. Bawa pakaian bagus juga tak ada yang memperhatikan :D (masing-masing fokus ibadahnya). (Arie Wibowo)

2. Pakai kopor atau ransel?
Bebas saja, mana yang paling nyaman bagi Anda. Kombinasi keduanya juga baik, koper masuk bagasi dan ransel berisi barang yang sering dipakai selama dalam perjalanan masuk kabin. Sebagai pertimbangan, oleh oleh sebaiknya ditaruh dalam koper karena material koper lebih kuat untuk menahan benturan dibanding ransel yang berkain tipis. (Arie Wibowo) 

3. Boleh Mencuci Baju di Hotel?
Boleh, jika beruntung hotel juga menyediakan mesin cuci. Jika tidak ada mesin cuci, cuci saja dikamar mandi, InsyaAllah cepat kering. Bawalah gantungan baju. Jika ingin mencuci dikamar mandi carillah waktu dimana teman kamar sedang kelayapan agar tidak mengganggu. Sabun cuci banyak yang jual, tak perlu repot bawa dari Indonesia. (Arie Wibowo)

Gallery

 

Follow us